Home » , , , , , » PROFIL ALUMNI ROHIS SMAN I JASINGA (AROJA)

PROFIL ALUMNI ROHIS SMAN I JASINGA (AROJA)

Written By irdatel on Rabu, 30 Januari 2013 | 21.07

* Ditulis oleh Halimatusadiyah (Yayah), alumni SMAN I Jasinga, Angkatan 2004, mahasiswa UNJ Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 9, Sekretaris Umum Aroja 1428—1430 H.
Setelah sekian lama, SMAN I JASINGA telah berhasil memberikan suplai alumni yang di antaranya (dahulu) merupakan aktivis ekstrakurikuler (ekskul) kerohanian Islam (Rohis). Hingga kini, ekskul tersebut (Rohis) masih tetap eksis dalam membangun lingkungan dan wawasan yang Islami di SMAN I JASINGA.
Akan tetapi,  seiring dengan semakin derasnya arus globalisasi, semakin berat pula tantangan yang dihadapi oleh para aktivis Rohis. Hedonisme serta liberalisme semakin merajalela. Pengaruh pergaulan, media, serta kurangnya pengarahan dari keluarga terhadap bimbingan dan religiusitas anak telah mengakibatkan semakin merosotnya moral dan intelektualitas para pelajar.
Kegiatan mentoring islami yang kami rintis menjadi sebuah program unggulan dalam membina pelajar SMAN I JASINGA agar dapat membentengi diri dengan keimanan yang kuat dalam melawan berbagai arus negatif itu. Melalui mentoring, para siswa diajak untuk mengenal Allah, mengenal Islam, berakhlaqul karimah, dengan didampingi oleh seorang mentor yang biasanya merupakan kakak kelas atau alumni Rohis sebelumnya. Kami percaya, pembinaan akhlaq dan moral secara kontinyu dapat secara bertahap menjadikan para pelajar SMAN I JASINGA sebagai generasi robbani, generasi qurani, yang berkepribadian mulia, yang mampu membuat sekolah bangga terhadapnya.
Beratnya tantangan dari eksternal serta kebutuhan akan mentor dari internal mengharuskan kami untuk lebih mengembangkan jaringan, paradigma, dan kreativitas kami. Kami tidak bisa diam saja menghadapi kenyataan ini.
Di akhir kepengurusan Rohis di bawah kepemimpinan Akh Dudung Durrahman (2002–2003), mulai tercetus ide untuk mengumpulkan para alumni Rohis dalam suatu forum. Selain untuk menjaga tali silaturahim, hal ini pun dimaksudkan agar para alumni dapat membantu berjalannya program-program Rohis, terutama membantu dalam hal menjadi mentor di sekolah. Ide ini diusung oleh Pembina Rohis kami pada saat itu, yakni Bapak Aenudin, yang juga merupakan guru PAI di sekolah kami, serta pengurus DIR (Dewan Izzah Rohis) pada saat itu (Akh Imam Mukhlis, Akh Anugrah Resmana, dkk). Namun, niat tersebut belum juga dapat terealisasikan.
Tatkala Akh Dudung dan kawan-kawan hendak mengakhiri masa studinya di sekolah (saat itu, Rohis diketuai oleh Akh Yopi Mulyana), kami mulai serius menggarap keinginan untuk membuat forum alumni tersebut. Kepanitiaan pun dibentuk. Perencanaan pun dibuat. AlhamduliLlaah, pada tanggal 3 Syawal 1425 H, panitia berhasil mengadakan reuni akbar alumni Rohis SMAN I JASINGA. Sekitar 80 orang yang hadir pada saat itu. Di akhir acara, di-launching-lah AROJA (Alumni ROhis SMAN I JASINGA) dengan Akh Ruyatna dan Akh Haris Fadhillah sebagai Ketua Umum dan Sekretaris perdananya.
Pada masa kepemimpinan Akh Ruyatna ini, telah disusun AD/ART Aroja. Aroja pun mulai mambantu berjalannya kegiatan Rohis, terutama pada masa penerimaan siswa baru. Dalam hal ini, disepakati sebuah program bersama Aroja dan Rohis khusus untuk menyambut anggota baru Rohis, yaitu sebuah acara yang diberi nama OBOR MALAM (Out Bond Of Rohis plus Mabit dan Silaturrahim). Hingga kini, acara ini menjadi program kerja rutin Rohis SMAN I JASINGA.
Baru sampai di situ, lagi-lagi kesulitan menghadang. Para alumni sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Masa kepengurusan yang semula disepakati selama 2 tahun, mengalami status quo pada tahun yang ketiga.
Kemudian akhirnya, dengan niat yang tulus dan ikhtiar yang kuat, pada awal syawal 1428 H terpilihlah ketua Aroja yang baru mengantikan Akh Ruyatna, yaitu Akh Anugrah Resmana. Di bawah kepemimpinan beliau, Aroja mengalami beberapa perubahan.
Berikut struktur organisasi Aroja:
Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.
Pembina: (= Pembina Rohis SMANJAS)
Koordinator Umum: Anugrah Resmana (2003)
Sekretaris Umum: Halimatusadiyah (2004)
Bendahara Umum: Tati Indriyati (2004)
Koordinator Zona 1 (Bogor) :
Rai Sita (2006)
Koordinator Zona 2 (Jakarta, Ciputat, Bekasi, Depok):
Anugrah Resmana (2003)
Koordinator Zona 3 (Banten):
Ruyatna (2002)
Koordinator Zona 4 (Bandung, Yogyakarta, Jateng, Jatim):
Almi Novitasari (2004)
Divisi Pembinaan: Ade Hermawan (2002), Siti Maryam (2005), Rai Sita (2006)
Divisi Humas: Ruyatna (2002), Dede Misbahudin (2004), Chintya Dewi A. (2004)
Divisi Ketua Pakar Ketua Telematika dan IT Webmaster Teknologi: Tads
( Divisi Khusus dibidang pembuatan Website dan Software juga Cyber Online)


Saat ini, Aroja kabinet Akh Anugrah telah memasuki tahun kedua masa kepengurusannya. Beberapa program yang telah berhasil dilakukan di antaranya: pengelolaan mentoring, silaturrahim ikhwah se-Jasinga, pembuatan buletin Aroja, e-mail Aroja, blog Aroja, serta milis Aroja.
Semoga ke depannya, Aroja dapat semakin berkembang dan mampu membawa perbaikan demi perbaikan untuk kemajuan Islam di Jasinga. Aamiin
Wallahu a’lam bi showab
Share this article :

3 komentar :

  1. Buaaat acara reonian lagi atuh yah......udah 10 tahunan kita gak pada ketemu.....seruuuu kayanya daaah!!!!
    thanks.....ditunggu infonya

    BalasHapus
  2. Buaaat acara reonian lagi atuh yah......udah 10 tahunan kita gak pada ketemu.....seruuuu kayanya daaah!!!!
    thanks.....ditunggu infonya

    BalasHapus

 
Support : Modified Blog | Webmaster Murah | Trader Emas Terhandal
Copyright © 2011. SMAN 1 Jasinga - All Rights Reserved
Template by Maskolis
Proudly powered by Blogger